Sekolah Minggu dan Pernak-Perniknya

Persiapan Memimpin Rapat Sekolah Minggu

Posted on: November 8, 2007

Pemimpin Sekolah Minggu memegang peranan penting dalam sebuah rapat Sekolah Minggu. Dialah yang harus mengarahkan rapat dari awal sampai pada pengambilan keputusan untuk menangani masalah-masalah yang muncul atau untuk mengembangkan pelayanan Sekolah Minggu. Berikut ini beberapa tips praktis bagi para pemimpin Sekolah Minggu dalam mempersiapkan rapat Sekolah Minggu.

RAPAT RUTIN

Rapat rutin biasanya dapat dipersiapkan dengan lebih mudah. Karena biasanya rapat ini hanya akan berisi laporan-laporan singkat dari setiap pengurus atau guru Sekolah Minggu, evaluasi hasil dan program kerja.

  1. Membuat agenda rapat.
    Tanpa agenda rapat yang rapi, kemungkinan besar rapat pun akan berjalan tidak terarah dan bisa meluas kepada hal-hal yang tidak seharusnya dibahas. Oleh karena itu sebagai “pengaman” buatlah agenda rapat sedetail mungkin. Pemimpin Sekolah Minggu hendaknya bekerja sama dengan sekretaris untuk menentukan agenda rapat ini.

  2. Persiapkan laporan rapat sebelumnya.
    Dalam rapat rutin sebelumnya, tentunya telah diputuskan program untuk pelayanan Sekolah Minggu kurun waktu berikutnya atau beberapa keputusan lain yang harus dilakukan. Persiapkan seluruh berkas tersebut untuk melihat “kemajuan” pelayanan dan apakah tindak lanjut dari setiap keputusan yang diambil sudah dilaksanakan.

  3. Mengamati secara langsung jalannya kegiatan pelayanan SM.
    Pengamatan ini penting, karena sebagai pemimpin kita terkadang tidak bisa memahami masalah yang ada dalam lapangan tanpa mengetahui aktivitas yang dilakukan secara konkrit. Selain itu, jika Anda mendapati adanya pelayanan yang kurang maksimal, catatlah hal-hal tersebut untuk dibawa dalam rapat sebagai bahan evaluasi.

  4. Membuat catatan kegiatan pelayanan yang perlu dievaluasi.
    Jangan menunda sehingga Anda tidak akan baru memikirkan apa yang harus dievaluasi dari kegiatan pelayanan Sekolah Minggu Anda pada waktu rapat nanti. Terlebih dahulu persiapkan hal-hal apa saja yang perlu dievaluasi dari setiap pengurus atau guru Sekolah Minggu, bahkan bila perlu buatlah kuisioner evaluasi.

  5. Berdoalah.
    Hikmat dalam memimpin sebuah rapat sangat diperlukan, dan hikmat seorang pemimpin Kristen adalah mutlak merupakan karunia dari Tuhan. Oleh karena itu, sekecil apapun kelompok rapat yang akan Anda pimpin, Anda harus tetap meminta campur tangan dan hikmat dari Tuhan agar Anda dapat memimpin sesuai dengan kehendak-Nya.

RAPAT DARURAT

Rapat darurat yang dimaksudkan disini adalah rapat di luar rapat rutin yang sewaktu-waktu diadakan karena harus membahas sebuah masalah serius yang membutuhkan pengambilan keputusan sesegera mungkin. Persiapan yang harus dilakukan adalah:

  1. Mengundang pengurus atau guru yang berkompeten saja dengan masalah tersebut.
    Jangan mengundang semua anggota dalam rapat rutin, karena semakin banyak orang yang mengikuti rapat darurat ini, akan semakin tidak efektif pula pengambilan keputusan yang harus diambil sesegera mungkin.

  2. Dengan cepat menganalisa masalahnya.
    Agar keputusan bisa dengan cepat diambil, terlebih dahulu, pemimpin Sekolah Minggu dibantu oleh seorang pengurus yang paling berkompeten dengan masalah yang terjadi, menganalisa masalah yang terjadi, penyebabnya, dan kemungkinan penyelesaiannya. Sehingga dalam rapat kelompok nanti, Anda hanya akan tinggal memaparkan hasil analisa Anda dan langsung menawarkan alternatif keputusan yang harus diambil.

  3. Bergumul dengan Tuhan.
    Setiap masalah yang terjadi dalam pelayanan harus kita jadikan bahan pergumulan dalam doa kita pada Tuhan. Dialah yang dapat memampukan kita menghadapi situasi-situasi darurat yang membutuhkan penanganan khusus dan pengambilan keputusan secara kilat. Berdoalah, mintalah hikmat dan agar setiap keputusan mendadak yang harus diambil adalah keputusan yang berkenan kepada-Nya.

1 Response to "Persiapan Memimpin Rapat Sekolah Minggu"

God Bless🙂

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: