Sekolah Minggu dan Pernak-Perniknya

Sekolah Minggu dan Anak yang Mengalami Kekerasan

Posted on: November 6, 2007

Anak-anak yang mengalami kekerasan bisa mengalami hal-hal sebagai berikut.

  1. Anak menjadi orang yang mementingkan diri sendiri. Kekerasan sebetulnya merupakan pernyataan atau wujud dari tekad membela kepentingan. Jadi, kalau kita dihadapkan atau hidup di tengah- tengah masyarakat atau keluarga yang makin hari makin keras memperlakukan anak, si anak yang kita besarkan ini mungkin bisa bertumbuh besar menjadi orang yang egois yang hanya memikirkan kepentingan diri sendiri dan akhirnya mempunyai sifat yang keras. Dia, misalnya, akan mengekspresikan kemarahannya dengan kekerasan. Hal ini sangat potensial membuat anak juga melakukan kekerasan dalam rumah tangganya kelak.
  2. Kekerasan pada anak dapat menghancurkan anak secara rohani, emosional, dan sosial sebagaimana halnya dengan fisik. Anak yang mengalami kekerasan sering mengalami depresi, rasa takut serta perasaan bersalah. Mereka akan mengalami kesulitan untuk memercayai orang lain dan merasa kurang percaya diri.

Sebagai guru sekolah minggu, kita dapat memberikan nasihat-nasihat atau pertolongan kepada anak agar kekerasan yang terjadi pada dirinya tidak membawa dampak negatif yang dalam bagi kehidupannya.

  1. Kita perlu menekankan kepada anak bahwa kita boleh melindungi diri, tetapi dalam pengertian menjadi orang yang tegas bukan orang yang kasar. Dalam kelas sekolah minggu, sering-seringlah menekankan pelajaran-pelajaran mengenai kelembutan, kasih, disiplin, ketegasan Yesus, dll.
  2. Untuk anak-anak yang berjiwa keras, dengan tegas dapat kita katakan dan ajarkan bahwa saat mereka melakukan hal yang negatif, seperti memukul temannya, itu berarti mereka sedang berdosa kepada Tuhan. Jika mereka memberikan sanggahan bahwa orang tuanya pun melakukan hal itu kepada dia, ajaklah dia dengan lemah lembut untuk mendoakan orang tuanya.
  3. Bagi anak-anak yang karena kekerasan pada dirinya menjadi orang yang kehilangan kepercayaan diri atau depresi berat, bimbinglah mereka dengan lemah lembut pula. Tunjukkan pada mereka bahwa Anda ada di pihak mereka dan siap mendukung. Berikanlah kepastian kepadanya bahwa mereka aman saat berada di dekat guru sekolah minggu.
  4. Pendekatan secara pribadi dan intensif sangat perlu bagi anak yang mengalami kasus ini. Mungkin kita tidak dapat mencampuri urusan keluarga anak sekolah minggu, tetapi kita dapat membantu mereka dengan memulihkan sakit fisik, mental, maupun rohani mereka. Yang dapat kita lakukan, antara lain sebagai berikut.
    1. Melakukan kunjungan ke rumah anak sekolah minggu. Dalam kunjungan, fokuskan kunjungan pada anak, bukan untuk menasihati atau bahkan menyalahkan orang tua mereka. Jika sangat sulit menemui anak di rumah, waktu-waktu setelah ibadah sekolah minggu selesai akan menjadi saat yang sangat tepat bagi Anda untuk melakukan pendekatan tersebut.
    2. Dalam pertemuan pribadi Anda dengan anak, biarkan mereka mengungkapkan seluruh isi hati mereka. Biarkan mereka menangis atau mengungkapkan kemarahan mereka di hadapan Anda. Jadilah pendengar yang baik dan jangan menyela pembicaraannya.
    3. Buatlah PA pribadi dengan anak tersebut (untuk kelas besar) mengenai pengampunan, kasih, kepercayaan diri, rasa bersalah, rasa takut, dll. yang dapat membuka mata rohani mereka tentang bagaimana mereka harus menghadapi perbuatan yang tidak menyenangkan mereka.
    4. Untuk anak kelas kecil, Anda dapat membelikan buku-buku cerita Alkitab bergambar. Lalu, ceritakan atau berikanlah buku-buku tersebut kepada mereka secara pribadi.
    5. Jika ada luka di tubuh mereka, segera obati dengan obat-obatan yang bisa disediakan oleh sekolah minggu. Sentuhan langsung saat tangan Anda mengobati luka mereka dapat membawa pemulihan bukan hanya bagi fisik, tetapi psikis mereka.

Jika kita bisa mendekati anak tahap demi tahap, pendekatan terhadap orang tua bisa mulai dilakukan. Dalam hal ini pertemuan dengan orang tua bukan untuk menegur, tetapi untuk menjalin komunikasi dan hubungan yang baik. Setelah itu, kita bisa melayani mereka.

Pertolongan Tuhanlah yang akan memampukan Anda untuk membangun anak sekolah minggu Anda untuk keluar dari permasalahan ini. Untuk itu doa, komitmen dan pengorbanan Anda sangat dibutuhkan bagi anak-anak tersebut.

1 Response to "Sekolah Minggu dan Anak yang Mengalami Kekerasan"

wah seru bagus banget ya, sangat memberkati aku……kalau bisa juga beri penjelasan tatang cara mengatasi anak yang broken home……aku tunggu kabar yang terbaru….thx n gbu

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: