Sekolah Minggu dan Pernak-Perniknya

Kegiatan Alam di Sekolah Minggu

Posted on: Oktober 27, 2007

Ibadah dan proses belajar bersama di sekolah minggu akan lebih menyenangkan dan menarik minat anak apabila dihubungkan dengan segala sesuatu yang nyata dari pelajaran itu. Segala sesuatu yang ada di alam ciptaan Tuhan ini dapat kita pakai untuk mengenalkan kebesaran Tuhan kepada mereka.

  1. Benda-benda alam sebagai alat peraga

    Saat ini, mari kita mulai berpikir untuk tidak mencari alat peraga yang mahal, rumit, atau yang terlalu kreatif. Tidak perlu membuat gambar semut yang besar atau membentuknya dari gabus untuk menceritakan semut-semut yang rajin. Cukup dengan mengumpulkan semut-semut yang ada di sekitar kita dan meminta anak berkeliling memerhatikan tingkah semut-semut itu; mereka akan tahu dengan jelas maksud Alkitab yang mengajak kita untuk rajin seperti semut. Ketika mengisahkan bagaimana Allah menciptakan terang yang menyinari bumi, ajaklah mereka keluar ruang kelas untuk benar-benar menikmati terang itu. Selama beberapa detik kita bisa meminta mereka melihat matahari di langit yang tentu saja sangat terang dan tidak bisa dilihat terus-menerus dengan mata telanjang. Dari situ kita bisa membawa mereka melihat kebesaran Tuhan dengan alam ciptaan-Nya.

  2. Kebaktian padang

    Kegiatan ibadah anak setiap hari Minggu mungkin hanya berlangsung di dalam kelas saja selama satu tahun. Mungkin ini saatnya untuk mengajak anak melakukan kegiatan ibadah yang dapat menyatukan mereka dengan alam. Lakukan kegiatan kebaktian padang di sekolah minggu Anda. Boleh hanya di taman gereja atau taman terdekat, hutan wisata, persawahan, kebun binatang, dan lain sebagainya. Dalam kebaktian tersebut, biarkan anak-anak merasakan rumput, embun, bulir-bulir padi, dinginnya air sungai, mengetahui bermacam-macam bentuk batu, harumnya bunga mawar, panasnya matahari, atau hembusan angin yang menerpa mereka. Semua itu dapat menjadi media untuk membawa anak melihat keagungan Tuhan. Ajar mereka untuk mengucap syukur akan alam ini sehingga mereka juga bisa ikut merasakan arti penting menjaga kelestarian alam yang telah Tuhan ciptakan ini.

  3. Lintas alam sekolah minggu.

    Untuk anak-anak kelas besar, sangat baik jika diadakan acara lintas alam. Persiapannya tentu saja harus jauh-jauh hari. Guru harus mencari daerah yang aman untuk kegiatan ini. Dalam kegiatan ini, anak-anak diminta untuk menjelajahi suatu area tertentu yang sudah ditentukan. Dalam area tersebut ada pos-pos yang harus mereka singgahi. Di pos-pos tersebut anak-anak mendapat berbagai macam tugas untuk dilakukan bersama dengan kelompoknya. Gunakanlah segala sesuatu yang ada di alam ini sebagai tugas mereka. Misalnya, membuat rangkaian bunga dari tanaman-tanaman liar yang ada, binatang-binatang apa saja yang mereka temukan sepanjang perjalanan dan apa yang dilakukannya, membuat prakarya sederhana dari ranting-ranting atau daun-daun yang gugur dari pohonnya, atau membuat puisi tentang berbagai macam batu yang mereka temukan. Bisa juga dengan memberikan ayat-ayat Alkitab yang menyebutkan benda-benda alam, kemudian meminta mereka menemukan benda yang dimaksud tersebut di sepanjang perjalanan lintas alam tersebut. Di pos terakhir, anak-anak diminta untuk membuat kesaksian mengenai hal-hal apa saja yang mereka pelajari lewat alam dan tentu saja mengenai Tuhan.

    Karena anak-anak melakukan kegiatan lintas alam, jangan lupa bahwa mereka harus membawa air minum, perlengkapan untuk setiap kegiatan, konsumsi, P3K, dan lain sebagainya. Tiap kelompok juga perlu didampingi guru atau orang yang lebih dewasa. Dan jangan lupa untuk menutup kegiatan lintas alam sekolah minggu ini dengan ibadah bersama.

Kegiatan yang berhubungan dengan alam di atas merupakan sedikit ide dari banyak ide lain yang bisa dikembangkan oleh para pelayan anak. Melalui kegiatan tersebut, anak tidak hanya lebih mengenal kebesaran dan keagungan Tuhan, tetapi mereka bisa melihat bagaimana diri mereka dapat menggunakan setiap hal yang di alam ini untuk sesuatu yang berguna dan bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: