Sekolah Minggu dan Pernak-Perniknya

Merayakan Kenaikan Yesus ke Surga

Posted on: Oktober 27, 2007

Biasanya peringatan Kenaikan Yesus ke surga tidak dirayakan secara istimewa. Kita hanya memfokuskan perayaan istimewa pada hari kelahiran dan kebangkitan-Nya. Kali ini saya ingin membagikan beberapa ide untuk guru-guru SM agar ibadah dan perayaan Kenaikan Yesus ke surga tahun ini dapat menjadi acara yang istimewa, berkesan bagi murid-murid Anda, dan lebih mengerti lagi makna kenaikan Yesus ke Surga.

1. Kebaktian padang di daerah perbukitan.

Tuhan Yesus pada waktu terangkat ke surga berada di bukit Zaitun. Alangkah berkesannya jika Anda bisa mengajak murid-murid Anda ke sebuah daerah perbukitan yang bisa dikunjungi dengan mudah. Mulailah acara Anda di situ dan jelaskan maksud Anda memilih tempat itu dan mintalah anak-anak membayangkan peristiwa kenaikan Tuhan Yesus ke surga. Pada saat bercerita, tekankan kepada mereka bahwa ketika Yesus akan terangkat ke surga, murid-murid Yesus dan pengikut Tuhan Yesus yang berjumlah 500 orang ada bersama Dia di sana. Dengan penuh hikmat mereka mendengarkan perintah terakhir yang diberikan Tuhan Yesus, yang dikenal dengan sebutan Amanat Agung Tuhan Yesus Kristus. Jelaskan kepada anak-anak isi Amanat Agung tersebut dengan kesungguhan dan mintalah mereka mengerti dengan jelas karena perintah itu juga untuk kita sekarang.

2. Balon terbang.

Siapkan minimal 10 buah balon gas dalam kelas SM Anda. Taruh balon-balon itu di depan kelas agar perhatian anak-anak tertuju ke depan. Berceritalah tentang peristiwa kenaikan Yesus ke surga. Pada saat kita akan mencapai puncak cerita (menjelang kenaikan- Nya) ajak semua anak-anak keluar dari ruangan dan minta 10 orang anak (disesuaikan dengan jumlah balon) untuk membawa masing- masing satu balon ke luar ruang kelas. Lanjutkan cerita Anda dan minta anak-anak itu melepaskan balon di tangan mereka begitu Anda mengatakan: “Dan Yesus pun terangkat ke surga!” Biarkan anak-anak puas memandangi balon-balon yang berterbangan di udara itu. Setelah mereka puas, jelaskan kepada mereka bahwa Tuhan Yesus terangkat ke surga seperti balon-balon yang naik ke angkasa. Katakan juga kepada mereka bahwa murid-murid Tuhan Yesus memandangi Tuhan Yesus yang terus naik ke atas sampai tidak kelihatan lagi. Setelah anak-anak SM Anda tidak bisa melihat balon-balon itu, lanjutkan kembali kegiatan SM di dalam ruang kelas.

3. Aneka permainan dan perlombaan.

Untuk memeriahkan perayaan hari Kenaikan Yesus Kristus ke surga, Anda dapat juga mengadakan acara permainan atau perlombaan. Acaranya tidak perlu dengan peralatan dan hadiah yang mahal. Carilah permainan atau perlombaan yang tidak memerlukan peralatan yang sulit, atau tidak menggunakan alat apapun. Lebih baik permainan atau perlombaan yang dilakukan bukan secara perorangan, tetapi perkelompok. Sebagai inti pelajaran adalah untuk mengajarkan agar anak-anak SM dapat belajar bekerja sama, sama seperti murid-murid Tuhan Yesus dalam melaksanakan Amanat Agung yang diberikan Tuhan Yesus kepada mereka. Untuk kelas kecil ada baiknya dilakukan kegiatan yang lebih menggunakan fisik, misal: lomba lari, bermain bola-bolaan, dll. Untuk kelas besar, bisa dengan kegiatan yang lebih banyak melibatkan pikiran mereka, misalnya: kuis Alkitab, menebak tokoh tersembunyi, bersaksi, dll.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: