Sekolah Minggu dan Pernak-Perniknya

Natal Sekolah Minggu (2006)

Posted on: Desember 7, 2007

 

Sekolah minggu mungkin merupakan organisasi yang paling sibuk saat bulan Desember tiba. Bagaimana tidak, sejak bulan November guru-gurunya sudah mulai rapat sana sini untuk menentukan acara Natal, hadiah-hadiah, pementasan, kostum, dana, dan lain-lain.

Tahun ini, seperti tahun-tahun biasanya, sekolah mingguku tidak mengadakan acara yang spektakuler atau acara yang besar-besaran. Tidak ada panitia Natal, tidak ada kesibukan mendekor ruangan Natal, atau mencari persewaan kostum-kostum Natal. Tetapi bukan berarti kami tidak memaknai Natal dan tidak mengajak anak untuk antusias merayakan Natal. Bukan itu maksud kami. Kami hanya ingin mengajak mereka larut dalam keserdehanaan seperti yang terjadi lebih dari 2000 tahun yang lalu. Keserdehanaan bukan dalam hal tidak mengeluarkan banyak uang, tetapi bagaimana di masa Natal anak-anak tidak lelah dengan seabreg latihan atau agar anak-anak tidak bingung harus menggunakan baju baru di acara Natal sekolah minggu. Dimana kita mengarahkan mereka kepada makna Natal yang sebenarnya.

Tahun ini, kami ingin anak-anak memaknai kasih yang ada dalam peristiwa kelahiran Yesus. Sepanjang bulan Desember ibadah sekolah minggu tentu saja mengangkat kisah-kisah Natal dan menyanyikan lagu-lagu Natal. Jadi perayaan Natal sekolah minggu kami bukan hanya sekali dalam bulan Desember, tetapi tiap ibadah sekolah minggu.

Selain ibadah, dalam setiap ibadah ada kegiatan-kegiatan Natal. Minggu pertama anak-anak kelas besar diminta untuk membuat puisi Natal yang bertemakan kasih Natal, Anak-anak kelas kecil diajak untuk mewarnai gambar peristiwa kelahiran Yesus. Sebelum kegiatan dimulai terlebih dahulu disampaikan melalui pelajaran bahwa kedatangan Yesus adalah bukti kasih Allah pada manusia.

Minggu kedua anak-anak diajar menyatakan kasih mereka kepada orang lain dengan cara membuat kartu Natal. Kartu Natal tahun ini akan ditujukan kepada Bapak Gembala. Puisi yang sudah dibuat bisa dipindahkan ke dalam kartu Natal tersebut. Sedangkan untuk anak kelas kecil setiap guru harus berupaya terlebih dahulu dengan membuat kartu yang sudah jadi lengkap dengan gambar yang siap diwarnai dan tulisan selamat hari Natal di dalamnya. Lebih seru lagi jika mereka diminta membubuhi tanda tangan mereka. Pastilah dengan serius atau dengan gaya layaknya orang dewasa mereka akan mencari model tanda tangan mereka untuk dibubuhi di kartu tersebut.

Minggu ketiga, setelah pelajaran disampaikan dalam kelas terpisah anak-anak kelas besar maupun kecil diajak untuk menceritakan kembali arti Natal bagi mereka. Bagi anak-anak yang belum sekolah mereka boleh menyanyikan satu lagu Natal.

Minggu keempat, tidak ada ibadah sekolah Minggu karena digabung dengan perayaan Natal gereja kami. Saat ini saat yang ditunggu-tunggu. Mereka akan mementaskan drama Natal yang sudah dilatih setiap hari minggu sore sepanjang bulan Desember. Dramanya tidak ada hafal menghafal dialog jadi lebih mudah bagi mereka untuk melakonkan. Bukan hanya kelas besar saja loh yang berperan, tetapi juga kelas kecil, bahkan yang belum sekolah pun tidak mau ketinggalan. Hari itu juga akan menjadi hari yang dinantikan karena ada pembagian hadiah Natal tentunya.

Tanggal 31 Desember, rangkaian perayaan Natal di sekolah minggu kami ditutup dengan cerita mengenai sukacita Natal. Dalam kesempatan itu pula kami mengajak anak-anak bersukacita dengan bertukar hadiah satu sama lain atau roll kado. Anak-anak membawa kado seharga Rp. 2000,00 per anak dan nantinya akan ditukarkan dengan kado lain dari teman-temannya. Isi kado harus ada ucapan selamat Natal dan sebuah ayat untuk memasuki tahun yang baru.

Nah gitu deh perayaan Natal di sekolah minggu gerejaku. Gimana dengan yang lain? Perayaan Natal di sekolah minggunya kegiatannya apa aja? Sharing donk biar jadi masukan buat kita-kita di tahun-tahun mendatang ….

Oh iya, tolong kritik dan sarannya untuk metode perayaan Natal di sekolah minggu yang sudah saya sharingkan di atas ya ….. thanks before

Selamat Natal semuanya. Tuhan memberkati!

Tulisan ini bisa dilihat juga di http://www.sabdaspace.org/natal_sekolah_minggu

8 Tanggapan to "Natal Sekolah Minggu (2006)"

Syalom….,met siang wah…..bagus dong…..tingkatkan yah….Tuhan Berkati
kenalan yah…..aq dari Papua namaq Charoline. Kami di Papua klo namax natal dari bulan november kami udah persiapan dgn drama natal,puisi, gerak n lagu. namun di saat ada pertemuan ibadah rutin stiap hari kamis n sabtu kami menyarankan untuk mebuat ketrampilan.jadi termasuk membuat kartu natal…
Kami di papua banyak meminta kiriman dari jawa untuk bahan sekolah minggu karna kami sangat membutuhkan metode2 pengajaran tentang sekolah minggu.

kalo di gereja ku itu perayaan natal kadonya dari sekolah minggu dengan dibagi ke 3 kriteria yaitu tidak setia, kurang setia dan setia yang diukur dari kesetiaan hadir nilai dan sikapnya. jadi mereka existing waktu natal tapi sayangnya pada hari2 biasa agak sepi gitu. hmm,,,,, ide yangbagus tuh aku minta ide kau untuk natal ditempat aku ya. perayaan natal ditempat aku ada drama kelas gabungan kelas besar dan kecil ) dan dance dari kelas besar juga ada panggung boneka untuk firman Tuhan.

saya senang sekali dgn sekolah minggu. Bolehkah temanxx bantu balam alat peraga. Di pekan baru sulit sekali mencari alat peraya.

ide bagus,,,boleh nih bwt dskul minggu dgrejaku jg.kami pernah ngrayain natal dgn ngambil tema kbiasaan natal di 5benua di dunia.smw anak pke pkaian ciri khas negara yg mwakili 5benua tersebut.dn kami menyanyikan lagu natal dalam berbagai bahasa.kpada anak2 ditekankan,walopun kebiasaan berbeda tp 7annya sama yaitu mengucap syukur bahwa Tuhan Yesus lahir untuk mbawa keselamatan.

Anak2 skrng sulit tuk serius dngr frmn Tuhan maunya rame tapi kalo pas wkt pujian ga mau semangat dan nyanyi ga kdngaran

Trims untuk artikel-artikelnya. Kalau ada yang membutuhkan CD BAHAN KHOTBAH DALAM FORMAT POWEREPOINT untuk pelayanan Sekolah MInggu bisa sms saya di 085228085470 atau Kunjungi http://hosea-multimedia.blogspot.com

kalo di tempat aku melayani, sudah beberapa tahun berjalan, kami tidak memberikan kado kepada adik-adik tapi justru kami menghimbau dan memotivasi adik-adik agar mereka yang memberikan kado untuk Tuhan Yesus karena natal adalah hari ulang tahun Tuhan Yesus. Kado yang adik-adik berikan bukanlah berupa benda tapi komitmen bahwa mereka akan menjadi anak yang lebih baik lagi, lebih setia dll.

nah kalo moment paskah baru hadiah-hadiah diberikan karena Kristus mati diatas kayu salib, Dia memberikan nyawaNya untuk adik-adik. hadiah yang diberikan berdasarkan prestasi mereka di Sekolah Minggu (kesetiaan datang, hafal ayat, menjalankan tugas, bawa jiwa, dll)

Puji Tuhan, saya dari gorontalo. Di gorontalo ga ada toko buku Kristen tuk mendapatkan kebutuhan sekolah minggu. Semuanya dibeli dari Manado.
Sepertinya kegiatan sekolah minggu dalam acara Hari Raya Gerejawi pada umunya sama. Gorontalo kegiatannya ada drama (anak dari semua kelas), tarian (dari semua kelas), paduan suara (kelas sedang).
Drama natal kadang ambil di internet”cerita natal”, ada juga langsung dari Kisah Kelahiran Yesus, yang memerankan memakai kostum seperti zaman bersangkutan.

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d blogger menyukai ini: