Sekolah Minggu dan Pernak-Perniknya

Kegiatan Kreatif dalam Sekolah Minggu

Posted on: November 8, 2007

Melatih anak untuk menemukan atau mengembangkan potensinya dengan berbagai kegiatan kreatif tidak hanya dapat dilakukan di rumah atau sekolah formal saja. Sekolah minggu pun dapat berperan aktif dalam hal ini. Kegiatan kreatif dalam sekolah minggu tentu saja bukan sekadar menggali potensi diri anak, tetapi yang terpenting bagaimana anak-anak belajar tentang Tuhan dan kebenaran firman-Nya melalui kegiatan tersebut.

Berikut ini kegiatan-kegiatan kreatif yang bisa dilakukan di kelas sekolah minggu.

  1. Mengolah kertas warna-warni menjadi bunga
    Persiapan: kertas warna, lem kertas, gunting, lidi, atau kawat.

    Kegiatan ini bisa dilakukan saat pelajaran yang bertemakan alam, ciptaan Tuhan, atau keindahan. Berikan saja kertas warna kepada anak-anak, juga peralatan yang dibutuhkan untuk membuat bunga-bunga yang mereka inginkan. Guru dapat membuat berbagai macam contoh bunga terlebih dahulu, tetapi jangan arahkan anak untuk benar-benar meniru contoh yang dibuat oleh guru. Katakan kepada anak bahwa di dalam dunia ada berbagai macam bentuk bunga yang Tuhan ciptakan dan mereka pun boleh membuat bermacam-macam bunga dengan peralatan seadanya. Hal yang terpenting dari kegiatan ini bukanlah hasil, melainkan proses kreatif yang dilakukan anak dalam membuatnya. Kegiatan kreatif ini cocok untuk anak kelas kecil.

  2. Melukis
    Persiapan: kertas atau kain dan cat air.

    Saat guru selesai menyampaikan kisah-kisah dalam Alkitab, guru dapat meminta anak menceritakan kembali cerita itu melalui sebuah lukisan. Misalnya, jika bercerita tentang Yunus di perut ikan, mereka boleh menggambar ikan, atau laut, atau sebuah perahu. Biarkan anak melukis sesuka hatinya di kertas atau kain yang sudah disediakan dan mencampurkan warna untuk menghasilkan warna yang sesuai dengan imajinasinya. Kegiatan kreatif ini cocok untuk anak kelas kecil.

  3. Menggambar berdasarkan pola tertentu
    Persiapan: bentuk gambar tertentu (misalnya, bulatan, segitiga, garis lurus, dll.)

    Kegiatan ini bisa dilakukan untuk anak kelas besar. Buat bentuk gambar tertentu dalam sebuah kertas yang dibagikan kepada anak-anak. Misalnya, di kertas itu sudah tergambar tiga bulatan besar. Tugas anak adalah membuat sebuah gambar atau lukisan melalui gambar yang sudah ada sebagai dasarnya. Harus ada waktu yang diberikan, misalnya sepuluh menit. Kegiatan ini bisa dilakukan setelah guru menyampaikan firman Tuhan mengenai menggunakan waktu sebaik mungkin, kerajinan, atau mengenai suatu benda/tokoh Alkitab yang dapat digambarkan melalui dasar yang telah disiapkan.

  4. Tanya jawab

    Permainan ini menggali kemampuan anak untuk berpikir ke depan, mengembangkan gagasannya, dan memunculkan berbagai macam ide. Permainan ini dimulai dengan guru menanyakan pertanyaan-pertanyaan yang agak di luar biasanya. Misalnya, seperti pertanyaan-pertanyaan di bawah ini yang bisa dikembangkan lagi oleh guru.

    1. Apa akibatnya jika Tuhan tidak menciptakan tumbuh-tumbuhan di dunia ini?
    2. Apa akibatnya jika kamu hanya hidup sendirian di dunia ini?
    3. Apa akibatnya jika tidak pernah ada hujan?

    Kegiatan kreatif ini cocok untuk anak kelas besar karena menuntut kemampuan baca-tulis dari anak.

  5. Koreografi

    Kegiatan ini bisa dilakukan dalam acara pujian di sekolah minggu. Pilihlah sebuah lagu yang disukai murid-murid. Jika murid dalam kelas sedikit, masing-masing bisa diminta berdiri di tempat atau di depan kelas untuk menciptakan tariannya sendiri. Jika dalam kelas ada banyak murid, bisa diwakili oleh beberapa anak yang benar-benar mau, bukan dipaksa. Permainan ini akan mendorong kreativitas anak dalam aspek psikomotoriknya.

    Jangan lupa untuk memberikan pujian, bisa dengan tepuk tangan, agar anak bertambah semangat dalam menciptakan kreasinya.

Selama mengadakan kegiatan kreatif di sekolah minggu satu hal yang harus selalu diingat ialah tidak memaksa anak melakukan kegiatan-kegiatan tersebut. Biarkan mereka melakukannya dengan gembira. Yang terpenting dari kegiatan ini adalah proses kreatif yang dilalui anak, jadi jangan berorientasi kepada bagus atau tidaknya hasil.

Selamat berkreasi!

Buku acuan:

  • Choun, Robert J. dan Michael S. Lawson. 1993. “The Complete Handbook for Children`s Ministry: How to Reach and Teach the Next Generation Form Birth to Age 12″.Nashville: Thomas Nelson Publishers.
  • Clark, Robert E., Joanne Brubaker, dan Roy B. Zuck. 1986. “Childhood Education in the Church”. Chicago: Moody Press.
  • Safaria, Triantoro. 2005. “Creativity Quotient: Panduan Mencetak Anak Super-Kreatif”. Jogjakarta: Platinum Diglossia Baru.
About these ads

13 Tanggapan to "Kegiatan Kreatif dalam Sekolah Minggu"

Damai sejahtera di dalam Yesus buat kita semua. Saya adalah seorang guru sekolah minggu, di dalam program kami ada minggu kreativitas anak. untuk itu mohon bantuannya dalam membuat/mengisi program tersebut. Tolong berikan bentuk-bentuk permainan, aktivitas semacam keterampilan tertentu yang dapat meningkatkan kreativitas khususnya di dalam iman, terima kasih

setiap anak punya ketertarikan dan minat yang berbeda-beda, ada yang suka warna mewarnai, tempel menempel, atau bahkan melipat, saya selalu senang melihat hasil karya mereka, sangat ekspresif, sangat kreatif, apalagi anak-anak kelas kecil
salah satu referensi yang sering saya gunakan untuk aktivitas sekolah minggu adalah makingfriends.com, ada boneka2 kertas yang bisa dibuat sebagai aktivitas, sekaligus untuk alat peraga

Salam dalam Kasih Kristus,
Saya adalah guru sekolah minggu, saya membutuhkan bahan-bahan kreatifitas untuk kelas TK, I dan II. Mohon email-kan bahan-bahan dan jenis kreatifitasnya yach……
Sebelumnya saya ucapkan terima kasih. God bless u…

bantu info kegiatan untuk anak kecil donk supaya ketika mereka sekolah minggu mereka gak merasa bosan, bantu info kegiatan yang menarik

Aku sedang mempelajari dan mengusahakan bagaimana caranya membuat kurikulum sekolah minggu yang sejajar dengan kurikulum sekolah biasa. Masalahnya di tempatku banyak anak anak Kristen dan Katolik yang tidak mendapatkan pendidikan agama di sekolahnya atau digabung dengan agama lain. Adakah yang bisa membantuku dengan menunjukkan referensi yang harus kuketahui atau cara untuk mengerjakan keinginan itu. Lebih senang lagi bila ada yang mau bekerja sama untuk mengerjakan hal ini bersama – sama. Aku adalah pengawas agama Katolik yang sedang prihatin dengan situasi anak – anakku. Kalau ada yang bisa bantu boleh kirim ke alamat emailku Rusharyonoluwi@yaho. com.

tolong donk bantu kita cari cerita anak sekolah minggu..
coalnya skrang kita dah kehabisan cerita…

Salam dalam Yesus Kritus

Mohon bgt bantuannya untuk ide – ide kreatif baik itu permainan ataupun cerita – cerita supaya sekolah minggu untuk anak – anak menjadi Hidup dan anak – anak juga merasa di berkati.
terima kasih
Tuhan Yesus Memberkati..
Alamat email saya : novia_florentina2@hotmail.com

Shaloom…
sy seorang guru skul minggu tapi anak sy yg umurnya jln 4 tahun kalu dibawah ke ibadah skul minggu kadang sekali mau membaur sama teman-temannya kalau teman2nya nyanyi anak sy duduk aja diam kalau dengar cerita (khotbah) anak sy suka sekali sama rekreasi. kenapa yah, apa karna masi malu-malu??? tolong referensi kegiatan rekreasi untuk anak2 skul minggu biar selesai khotbah ada rekreasi mereka paling senang krn rekreasi yg itu2 saja mungkin mereka bosan.
GBU

saya beruntung bisa buka situs ini,,saya seorang activities coordinator di sbuah hotel yg saat ini saya handle kids club,,setiap weekend saya harus membuat kegiatan untuk anak2 dalam sehari mulai dari jam 09.00 s/d 17.00
kendalanya saya harus membuat kegiatan yang berbeda2 dan saya selalu kehabisa ide mau bikin kegiatan apa lagi,,karna aktifitasnya indoor,,buat semuanya saya mohon bantuannya kita share smua kids activity boleh kirim email aja yaa
ke : mustofamowza@yahoo.com
di tunggu emailnya..

..mowza..

Mau cari alat peraga sekolah minggu yang edukatif, lucu, murah, dan sesuai dengan tema cerita di Alkitab?

Coba mampir ke blog semtacraft.blogspot.com
disana tersedia alat peraga sekolah minggu sesuai dengan cerita Alkitab.
Alat peraga dibuat dari bahan kain flanel, berben dikemas dalam bentuk buku cerita.
Semoga bermanfaat dan dapat menyegarkan sekolah minggu anda.
Tuhan memberkati.

SEMTA Craft Finger Puppet

semtacraft.blogspot.com

wah sekarang aku punya masukkan baru buat ngajar sekolah minggu, makasih yah .
GBU

Syalom, saya juga seorang guru sekilah minggu, bahkan semua hari-hari saya di isi dengan mengajar sekolah minggu. saya juga membutuhkan bantuan ide dan saran untuk menopang di pelayanan sekolah minggu. karena buat anak-anak kita semua membutuhkan kreasi yang menyenangkan dan gak buat bosan.
buat semua guru-guru sekolah minggu kita juga bisa buat kegiatan nonton bareng dengan anak-anak tapi khusus edisi sekolah minggu yang menarik. juga hal yang paling penting dalam melayani sekolah minggu adalah kita penuh dengan urapan Tuhan, itu yang membuat anak-anak tertarik. Artinya bukan uasaha kita dalam melayani melainkan kekuatan Allah yang bekerja dengan luar biasa. Tx. GBU

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d blogger menyukai ini: