Sekolah Minggu dan Pernak-Perniknya

Mempersiapkan Acara Permainan di Sekolah Minggu

Posted on: November 6, 2007

Acara sekolah Minggu bukan hanya bernyanyi, mendengar firman Tuhan, berdoa, atau kreativitas, tetapi bisa juga dalam bentuk permainan. Sekolah Minggu perlu melakukan permainan untuk memperlihatkan kasih dan kekudusan dari Allah. Dan kalau sekolah Minggu tidak memberikan permainan yang kudus dan rohani, akibatnya anak-anak lebih mengenal dan melakukan permainan yang hanya memiliki nilai duniawi dan tidak memberikan manfaat belajar yang tinggi. Oleh karena itu, mari kita mulai lebih serius lagi memikirkan permainan di sekolah Minggu yang selama ini cenderung hanya dijadikan selingan saja.

Berikut ini beberapa petunjuk jika ingin mengadakan satu hari khusus untuk permainan di sekolah Minggu Anda.

  1. Siapkan ide dan para pelayan.

    Mungkin dalam pikiran Anda sudah ada ide dan bentuk acara permainan yang ingin diwujudkan dalam kegiatan kali ini. Jika belum ada ide, banyak sekali referensi yang bisa ditemukan di sekeliling Anda, misalnya dari buku, internet, majalah, bahkan pengalaman-pengalaman dari rekan sepelayanan. Jika sudah ada, bagikan ide ini dengan para pengurus sekolah Minggu atau para pelayan. Setelah itu, buatlah program acara dan tentukan para petugas yang bertanggung jawab akan jalannya acara permainan tersebut.

  2. Mempersiapkan acara permainan.

    Untuk program acara, yang perlu disiapkan adalah daftar permainan yang akan dilaksanakan. Kemudian analisalah manfaat mental, fisik, dan rohani permainan-permainan tersebut bagi anak. Dari setiap permainan yang diadakan, hindari permainan yang bersifat individualistis, persaingan kasar, atau yang dapat mengakibatkan pihak yang kalah dipermalukan. Cari permainan yang bertujuan untuk lebih mengenal Allah, membangun, mengikat kasih, bekerja sama, dan tidak mengandung unsur kekerasan. Tidak perlu pusing untuk menciptakan sendiri permainan tersebut. Sudah banyak buku- buku permainan rohani Kristen yang dapat Anda pakai atau kembangkan sendiri.

    Saat melakukan program khusus permainan, gunakanlah sedikit waktu saja untuk ibadah. Pelajaran firman Tuhan harus bisa disampaikan melalui permainan yang telah dipilih. Dalam persiapan program acara ini, harus sudah dipikirkan pula peralatan yang dibutuhkan dan jalannya acara permainan dari awal sampai akhir. Siapkan tema yang menarik untuk acara ini agar anak lebih antusias lagi untuk mengikutinya. Permainan harus dipilih berdasarkan kelompok kelas dalam sekolah Minggu Anda. Untuk ibadah bisa disatukan, tetapi jika tiba saatnya untuk bermain, tentu saja harus ada pembagian berdasarkan umur/kelas.

    Siapkan lembar evaluasi yang harus diisi anak di rumah untuk melihat dampak acara ini kepada anak-anak. Tekankan evaluasi yang bersifat rohani dalam form tersebut.

  3. Sarana dan prasarana.

    Daftarkan peralatan yang dibutuhkan untuk permainan dan segera penuhi pengadaan peralatan tersebut paling lambat seminggu sebelum hari H. Untuk tempat, jika tidak sedang musim hujan, akan bagus sekali jika diadakan di lapangan terbuka atau halaman gereja. Jika diadakan di dalam ruangan, anak-anak bisa kurang leluasa dan akibatnya dapat mengurangi antusias mereka dalam bermain. Untuk itu, adakanlah acara permainan ini bukan saat sedang musim hujan. Jika lapangan itu bukan lapangan yang teduh, mungkin bisa diusahakan pelindung dari kain/terpal agar anak-anak tidak kepanasan.

    Usahakan untuk menyediakan paling tidak air putih untuk mengembalikan cairan tubuh yang mungkin terkuras karena bergerak terus. Jika memungkinkan bisa menyediakan makanan ringan.

  4. Pelaksanaan acara.
    1. Umumkan pelaksanaan acara ini kepada anak-anak dan orang tua agar mereka betul-betul siap mengikuti acara ini.
    2. Periksa seluruh persiapan dua hari sebelum hari H. Semua sudah harus siap, baik para petugas yang sudah harus mengetahui tugas mereka, tempat penyelenggaraan acara, peralatan permainan, maupun pernak-pernik lain yang dibutuhkan.
    3. Siapkan semua peralatan yang dibutuhkan di tempatnya oleh mereka yang bertugas menyiapkannya, tiga jam sebelum acara atau lebih baik lagi sehari sebelum hari H.
    4. Saat waktunya tiba, atur anak-anak dengan tertib di tempat yang sudah ditentukan. Ruang terbuka sangat mudah menarik perhatian mereka untuk segera “beraktifitas sendiri”.
    5. Buka acara dengan ibadah singkat (dua atau tiga lagu, doa, dan renungan lima menit.)
    6. Laksanakan acara permainan sesuai dengan persiapan Anda.
    7. Akhiri acara dengan doa dan jangan lupa bagikan form evaluasi yang harus diisi anak atau orang tua, jika anak belum bisa menulis/membaca. Minta mereka mengumpulkannya saat ibadah sekolah Minggu berikutnya.

27 Tanggapan to "Mempersiapkan Acara Permainan di Sekolah Minggu"

adakah daftar permainan yang bisa didownload di internet. thanks gbu

adakah ide permainan yang bisa didownload dan mudah dipraktekkaan dalam didalam ruangan??

Dear Danty,

coba deh kamu masuk ke situs PEPAK di topik Aktivitas dan Ketrampilan Anak
==> http://pepak.sabda.org/topik/13/

Nah, di situ ada beberapa ide permainan yg dapat kamu pake. Semoga aja bermanfaat dan berguna ya :)

GBU

hai k’k aku gur sekolah minggu jug pusing menangani adik2 layan ku

Shalom Ibu yth.

Saya seorang GSKM sering sekali mengalami kesulitan dalam mendownload gambar-gambar sebagai alat peraga untuk ditampilkan di proyektor. Kami ingin sekali anak-anak mengenal dunia animasi. Bila punya info, tolong hubungi saya di 0852 7699 8800

kalo permainan bwat klas batita gmana?cz mrid2nya, umurnya dari 1bln mpe 3 taun,,
kan blom pada bs ngap2in tuwh,,

bacain cerita ae

Tolong bantu dong kirim permainan, aktivitas, alat peraga untuk membantu mengajar dan mengisi kegiatan sekolah minggu
Thanx… GBU

sangat berterima kasih bila ada yang mengirim aktivitas s m sehingga anak layan makin rajin ke s m

minta tolong punya gak permainan yg temanya tentang kesatuan, please ya….
Glu

tolong dong permainan + firman yang mendukung sebagai ayat hafalannya. karena aku pengen pakai untuk pelayanan di komsel anak. biar anak non kristen juga bisa ikut akibat permainan yang mengasikkan sehingga mereka bisa ingat dan mengenal Tuhan Yesus dalam hidup mereka. Thanks GBU.

Tolong ksh masukan buat hadiah natal anak2 sek.mggu dong dari mulai umur 1 th sampai 15 th. Thx n Jbu

bantunnya dong, adakah daftar permainan yang bisa didownload di internet. thanks gbu

minta bantuan dung untuk kretivitas anak sekolah minggu untuk setiap kebaktian minggu.
Kadang kami guru sekkolah minggu, kehabisan ide..
God save U

Syalom….
minta tLg donk bagi tmn2 yg berpengalaman di bidang GSM
Tlg ksh ide2 gmn caranya mengatasi anak agar ngga ribut di
dlm kls.
dan ksh tau donk ada ngga GAME ank kcil di internet yg bisa di
DownLoad? Thx ya…JcLU

halooo .bisa ndak bantu aku untuk kasih ide untuk permainan kepada anak anak usia 7-10 thn ….help me

tolong dunk, kasi permainan buat Anak sekolah minggu, yang membuat anak sekolah minggu semangat

bs ngga` di tampilkan t4 mendownload permainann seru u/ skolah mnggu yg prmainannya dlam ruangan?

tlong kirim donk permainan apa aja yang cocok untk anak sekolah minggu

syaloom…………..
tlng donk krimin k’kita naskah drama natal utk anak sklah mnggu, yang simpel dan bermakna ya. thx.
Jelou.

Biasanya di SM kita selalu ada permainan setiap minggunya, kecuali minggu ke 2, yaitu kegiatan hafal ayat.

Kami biasanya akan membahas bersama2 satu bulan sebelumnya mengenai aktivitas / permainan yang diadakan setiap minggu pada bulan berikutnya. dan karna banyak “otak” yg berkumpul, jadi menghasilkan banyak ide..

Puji Tuhan, setiap kali Sekolah minggu kami tidak kehabisan stock aktivitas / permianan SM :)

Syallom!!!

aku butuh bantuan…. bisa nggak ksih ide permainan yang berhubungan dengan malaikat…

terima kasih sebelumnya….

Tuhan memberkati kita semua…

selamat melayani TUHAN

q minta saran kakak2 ,gmana cara mengatasi aanak2 yg ribut dewew

syalom….
Terima kasih utk informasinya…
JLU

Shalom, saya mau minta tolong bagi hamba” Tuhan yg mlayani d sklh minggu, gmna c utk mndptkan alat peraga,kreativitas,game n cr biar ank” gk bosan…
Jg mskan utk acra paskah sklh mggu bgusnya gmna y… Makasih untuk masukkannya…JCBU

minta permainan sekolah minggu yg kreatif dan menarik dunk

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d blogger menyukai ini: